Senin, 15 Oktober 2012

Tes speed HW77 after tuning

Setelah pasang tuning kit baru, biasanya senapan perlu ditembakkan setidaknya 100 kali sebelum mencapai performa sesungguhnya.  Kali ini saya coba share mengenai review HW77 setelah ganti tune kit yang dipesan dari TW Chamber.
Oh iya.. HW77 ini saya kasih nama Vivi, yang diambil dari vitu-vitu, plesetan dari pitu-pitu alias 77.
Kembali ke senapan....
Sehabis servis, tentu masih banyak sisa oli atau pelumas dalam senapan.  Pada jenis spring, sering kali oli tadi terbakar karena tekanan tinggi.  Fenomena ini dikenal dengan dieseling, karena mirip dengan yang terjadi pada pembakaran mesin diesel.
Ciri-ciri dieseling antara lain suaranya keras lebih mirip letusan dibanding dengan hentakan per.  Sewaktu dikokang, keluar asap, biasanya kuning kecoklatan dan ada aroma gosong.
Meskipun pada saat dieseling kecepatan peluru jadi tinggi, hal ini tidak diharapkan karena bukan performa asli dari senapan.  Speed yang dihasilkan juga nggak stabil, fluktuasinya besar banget.

Apa yang saya harapkan dari performa Si Vivi adalah :
- Speed antara 850 - 900 fps pake mimis RWS Superdome
- Handling nyaman, artinya minim vibrasi.  Rela speed turun asal vibrasi ilang
- Recoil gak ada masalah.  Springer dan recoil itu sudah bagaikan Romeo dan Juliet
- Extreme spread (selisih speed min dan max) kecil, kalo bisa kurang dari 20 fps lah

Speed diukur dengan Chrono F1 yang sama.
Hasil tes pertama (20 shot) :
998.2, 957.2, 904.0, 881.7, 882.3, 882.6, 924.6, 932.6, 931.6, 920.3, 914.6, 920.8, 913.2, 923.5, 942.3, 930.1, 962.6, 959.4, 1021, 1018
Benar-benar gak stabil, terendah 881.7 fps sedangkan tertinggi 1021 fps.  Artinya gak usah diterusin tesnya, ini masuk kategori speed morat-marit.  Getaran/vibrasi juga terasa gak nyaman

Terpaksa harus dibongkar lagi (kali ini gak ada fotonya).
Perubahan yang dilakukan cuma menambah moli grease pada per sampe belepotan.  Pasang lagi dan tes :
1030, 976.7, 1019, 1006, 976.9, 950.5, 901.8, 886.2, 918.7, 920.5, 959.4, 955.0, 945.4, 876.3, 907.9
Speed tertinggi 1030, terendah 876.3.  Lebih parah dari sebelumnya.

Kesimpulannya, grease yang digunakan gak cocok.  Emang kalo baca di beberapa sumber, untuk per tidak menggunakan grease tapi tar yang tentunya lebih kental.
Waktunya search standar kekentalan grease.  Ternyata kekentalan grease dinyatakan dalam angka 1 - 6.  Di mana 1 adalah yang paling encer, sedangkan 6 yang paling kental.

Barulah berangkat ke toko onderdil, dan ternyata yang jual juga gak ngerti mengenai kode kekentalan grease. "Adanya ini aja mas" katanya sambil menunjukkan beberapa jenis grease.  OK, tak ambil semua....

Di rumah, semua wadah tadi dibuka.  Yang murah, bau banget dan encer.  Yang mahalan, kemasannya serius, dan ada tulisan No.3.  Dan emang setelah dibuka, kentalnya minta ampun, udah kaya gulali.

Bongkar si Vivi lagi deh, oleskan grease tadi di per dan pasang lagi.
Hasilnya :
825.8, 900.8, 1003, 1075, 1011, 997.8, 1039, 992.2, 954.3, 925.5, 953.8, 879.5, 907.4, 892.7, 891.3, 870.6, 979.8, 953.4, 975.7, 1021, 1070, 1025, 1059, 1053, 994.0, 993.0, 1005, 935.6, 960.1, 938.5, 919.0, 958.9, 954.5
Lagi-lagi mengecewakan.  Nggak tau kenapa kok malah max speed jadi naik sampe 1070 fps.  Speed yang di atas seribu juga banyak.  Jelas, bukan ini yang saya mau.
Yah, sambil mencari ide perbaikan, biarlah dipake dulu, barangkali perlu waktu supaya stabil.

2 bulan kemudian.
Baru kepikiran, apa mungkin ada gap yang cukup besar antara OD spring dengan ID piston ? sehingga vibrasi tinggi dan speed gak stabil.
Bongkar lagi ah... mungkin ilustrasinya kaya gini

Gap itu yang bikin vibrasi ama speed gak stabil.
Mungkin ini kenapa beberapa tuning di internet ada yang dipasangi piston sleeve, alias selubung.  Selubung dari plat tipis dipasang di menutupi per dan dimasukkan ke dalam piston.

Kayanya perlu dicoba nih, bahannya pake apa ya?  Ohh.. inget ada kaleng biskuit, kayanya bisa dipake.
Singkat kata dengan trial n error mengenai ukurannya.  Piston sleeve dari kaleng pun jadi dan dipasang.  Hasilnya :
840.7, 845.4, 857.0, 846.9, 846.6, 838.6, 862.9, 854.8, 843.1, 851.9, 840.8, 848.1, 855.7,  847.8, 844.0, 852.2, 840.7, 839.6, 845.9, 836.1, 843.4, 853.0, 842.4, 855.4, 852.5
Speed turun drastis, tapi fluktuasi cukup rapat.  Vibrasi ilang, recoil lembut.  Speed turun dikit dari harapan.  Nggak apa-apa lah, toh ini bedil bukan buat berburu.
Hmm.. hasil ini bisa saya terima. Done

10 komentar:

  1. sama2 penggemar springer...
    sya jdi tau setelah bca artikel anda ini...
    ternyta selama ini senapanku..pernya ga cocok...
    maklum senpan buatan simbah bikinan sendri..diamter tabungnya gde(diameter pompa becak)..piston otomatis gde...sdgkn sya pke per bkas snpn fwb..
    recoilnya kya snpan anti tank...parah

    BalasHapus
  2. Tapi hebat kan bisa bikin senapan sendiri

    BalasHapus
  3. kalau beli tuning kitnya di indonesia dimana mas, mohon infonya

    BalasHapus
  4. Kalo tuning kit full saya nggak tau mas. Kalo ngecer sih cuma ada per ama klep

    BalasHapus
  5. beli per sama klep buat hw 97 k supaya recoil ndak kenceng diamana gan, bisa bantu, sms ke 081330747824

    BalasHapus
  6. Waktu itu saya impor langsung dari Inggris. Kalo recoil nggak bisa diilangin karena udah naturalnya springer. Yang bisa dihilangkan vibrasinya.

    BalasHapus
  7. Om Tiar jajal pro-guide2 nya vortekproducts, gak terlalu mahal, sekitar 700an ribu udah lengkap kecuali piston, mau pilih klep model oring juga bisa dan udah include

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini masih belum ada kebutuhan tuning om, kebetulan yang ada sudah pas dengan saya. Kecuali R1 ama 124 yang masih kena gejala barrel droop, tembakan ke bawah terus. Udah beberapa resep dicoba masih gagal. Libur dulu tuning bedil.

      Hapus
  8. recoil mungkin bisa dihilangain asal bisa erani modif nambah komponen sperti, diana 54/56.

    BalasHapus