Senin, 29 Oktober 2012

Bikin Pellet trap sendiri (DIY)

Mungkin ada di antara kita yang pengen latihan nembak di dalam rumah.  Kalo saya sih sering terutama kalo pas lagi home alone.  Kalo dulu kertas target ditempel di tumpukan koran, baru ditembakin.  Kadang bigung juga korannya harus digantung di mana dan gimana gantunginnya.  Selama ini sih gantungin korannya pake gantungan baju.  Yah, namanya juga seadanya.

Timbul ide buat bikin pellet trap yang sederhana aja.  Yang penting bisa dipake nembak di dalam rumah dengan aman.  Bahan-bahan harus seadanya dan bisa dibuat dengan mudah dan cepat.
Mulai tengak-tengok di gudang ada apa aja.  Ternyata masih ada papan kayu halus sisa bikin ayunan buat si kecil.  Panjangnya 1,5 meter dengan tebal 15 mm.  Hmmm... kayanya bisa dimanfaatkan.

Bikin lah coret-coretan ukurannya sambil disesuaikan dengan ketersediaan kayunya.  Diusahakan gak banyak-banyak motong kayunya.  Males aja sih, karena bikinnya malam-malam.  Bahan-bahan yang diperlukan sbb :
- kayu halus tebal 15mm, panjangnya 1,5 meter tapi sisa banyak.
- Gergaji kayu
- Sekrup panjang 3 cm
- Obeng
- stop map bekas
- ban luar mobil (saya sih ambil dari bak sampah yg gak kepake)
- bor listrik
- engsel (terpaksa beli dulu, lupa harganya, yang jelas murah)
- ring gantungan (gak tau ini namanya benar apa nggak, liat aja fotonya)

Foto-foto berikut ini bukan proses sebenarnya tapi rekonstruksi setelah pelet trapnya jadi.

Bahan papan kayu dipotong sesuai sketsa, gampang lah, cuma bikin persegi panjang aja.  Sebenarnya lupa ukuran tepatnya.
 Siapin lubang buat sekrupnya kemudian pasang bagian dasar dan samping kiri kanan.

Bagian dasarnya disekrup dengan salah satu sisinya.
 Pasang sisi sebelahnya juga, hingga bentuk huruf U.
Bagian dasar, sisi kanan dan kiri udah nempel.
Sekarang tinggal bagian atas sama stoppernya.  Ide saya stoppernya dibuat miring sekitar 45 derajat dan bisa berayun untuk mengantisipasi senapan kecepatan tinggi.  Potongan ban bekas dipasang juga di bagian depan dengan sekrup.

Agak susah masang engselnya supaya bisa berayun dengan lurus.  Tipsnya : pasang dulu engselnya di papan stopper, baru dicoba-coba diayunkan dengan bantuan penggaris.

Kalau berayunnya sudah lurus, baru dipasang.  Sekalian pasang ring buat gantungannya

Ambil jepitan dari stop map bekas dan pasang dengan sekrup di bagian depan untuk jepit kertas targetnya.
Jepitan kaya gini bisa berguna buat jepit kertas targetnya
Sip lah, siap dites.  Pertama ditembakin dari jarak 5 m pake Sharp Ace (500an fps) mimis superdome (dilingkari biru).  Tes juga ditembak pake HW77 (880 fps) mimis superdome juga (dilingkari warna merah).
Hasil tes ditembak pake superdome di jarak 3 m.  Lingkaran biru dengan speed 500an fps, lingkaran merah dengan speed 880 fps.  Tembakan 500 fps sama sekali tidak melukai karet ban, cuma catnya aja ngelupas.  Tembakan 880 fps pelurunya nancep tapi nggak tembus.  Mungkin kalo ditembak 3-4 kali di tempat yang sama bisa tembus juga.
Cek sasaran apakah ada yang tembus
Gak ada mimis yang tembus sampai ke bagian kayunya.
Ada satu masalah, mimis setelah kena karet ban akan terpental mengenai papan bagian dasar dan mental lagi ke atas.  Karena itu sebaiknya pastikan sudutnya tepat dan aman.  Tepat di sini bukan tepat 45 derajat, tapi dari hasil coba-coba, mana sudut stopper yang paling aman. 
Jangan terlalu tegak, karena patulan mimis bisa kembali ke penembak.  Pantulan mimisnya bisa sampe 5 m loh, kalo terlalu tegak.  Usahakan minimal 45 derajat supaya jatuhnya mimis gak jauh-jauh.
Pastikan dites dulu dan aman baru dipake.

8 komentar:

  1. kreasi yang menarik, menggunakan bahan sederhana namun tepat guna. salam.

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Sekedar penyaluran ide

    BalasHapus
  3. Makasih mas. Cuma nyontek dari beberapa desain yang sudah ada. Kebetulan ada kayu nganggur.

    BalasHapus
  4. Thank you bro, selama puasa rajin latihan nih...ijin nyontek yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah jarang mas, lomba terakhir aja skornya bikin malu. Monggo dicontek, punya saya terakhir udah saya modif sedikit dengan penambahan plat stopper. Bagian belakan plat saya tambahi aspal biar silent.

      Hapus
  5. Salam Kenal,

    Saran Aja mas,.,kebetulan ane gak punya tipe Per,,., yang ada senapang pompa,,., kalaw bisa untuk modifikasi senapang di Uplod ke youtube juga,.,.

    Trima Kasih

    BalasHapus