Selasa, 23 Oktober 2012

Pistol Luger P08 di Malang

Saat nganter ponakan ikut lomba lukis di Museum Brawijaya Malang, iseng-iseng ngliat ke dalam museum.  Di sana dipajang berbagai macam senapan dan pistol.  Mulai dari yang senapan mesin berpendingin air, BREN, Sten gun sampe pistol bikinan Jepang.  Yang menarik buat saya adalah 4 pucuk pistol Luger P08 dalam kondisi bagus.




Kita tau, pistol ini adalah jatah perwira tentara Jerman dalam Perang Dunia 2.  Konon pistol ini didesain tetap akurat hingga 100 tahun.  Desainnya unik dan proses pembuatannya rumit.  Mungkin itulah alasan kenapa pistol ini jadi suvenir favorit bagi tentara Sekutu yang bertempur di Eropa saat itu.

Pertanyaannya, kenapa pistol Jerman bisa nangkring di sana, padahal yang saya tau, Jerman gak pernah menjajah Indonesia.

Cukup lama juga saya search mengenai hal ini, sampai dengan menemukan sebuag blog mengenai Nazi Jerman.  Yang mana pengetahuan penulisnya mengenai Nazi Jerman sangat luar biasa.  Saya coba kirim email kepada beliau untuk mengobati rasa penasaran.

Jawaban beliau cukup singkat dengan sebuah link ke suatu artikel.  Ternyata setelah Perang Dunia 2 selesai, Luger P08 ini diproduksi ulang di Inggris.  Dan kemungkinan pistol ini dibawa ke Indonesia saat perang kemerdekaan.

Oalah ternyata sudah ada orang lain yang menanyakan hal yang sama dan juga memajang foto Luger P08 di Museum Brawijaya Malang.

4 komentar:

  1. Pak, gambar pistol yg pict pertama itu klo gk salah kayaknya buatan Jepang tapi mirip2 Luger.

    BalasHapus
  2. Yang foto pertama sebelah kiri sepertinya memang pistol Jepang tapi nggak tau apa. Ntar coba tak cari referensi

    BalasHapus
  3. Pak, katanya mbah kakung saya : kuwi ngono pestol gawenan Jepang, jenenge pestol nambu nomer patbelas (14).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul itu pistol Nambu tipe 14. Mbah Kakungnya hebat ikut perang ya.

      Hapus