Kamis, 22 Mei 2014

Bongkar pasang Hill Pump

Bagi pemakai hand pump, sering kali performa pompa mulai menurun setelah beberapa bulan digunakan.  Tanda-tanda penurunan ini terlihat dari udara yang susah masuk ke dalam tabung, handle pompa yang membal saat ditekan atau juga bocor.
Hand pump yang saya pakai selama ini adalah merek Hill buatan Inggris.  Beberapa waktu lalu mulai mengalami gejala rewel alias mokong a.k.a ogah-ogahan ngisi angin.  Coba deh saya bongkar.


Lepas dulu handle-nya
Pertama, lepas dulu handle-nya dengan kunci inggris, ato kadang diputer pake tangan aja sudah bisa lepas.



Lepas penutup bagian atas
 Lanjut dengan buka penutup atas dengan kunci pas ukuran 21 mm


Penutup atas sudah lepas, kotor banget.
Ati-ati di penutupnya ada oring yang super tipis, kalo putus bakal susah nyari gantinya.  Tutup bagian atas itu dihubungkan dengan as menggunakan pin kecil.  Buka dulu pin itu dengan punch 3 mm, mestinya nggak gitu keras, kecuali kotor kaya punya saya.  Terpaksa diketok pake palu.



Pin dilepas pake punch
 Setelah tutup atas sudah lepas, amankan oringnya sebelum tutup dibersihkan pake bensin.

Tutup atas dan oringnya

Pindah ke bagian bawahnya.  Beberapa teman bisa melepas tutup bawah tanpa alat bantu, tapi sewaktu saya coba, ternyata berat juga.  Terpaksa kunci pipa turun tangan.
 
Kunci pipa alias pipe wrench ato pethekol
Setelah tutup bawah lepas, baru pipa terluar bisa dilepas
Tutup bawah sudah lepas, pipa luar bisa ditarik
Jangan lupa part-part kecil disimpan tersendiri biar gak ilang.  Dijamin menyesal deh kalo ada yang ilang.
Pipa luar setelah dilepas

Sebelum tahap selanjutnya, sediakan tisu toilet buat membersihkan sisa grease.  Tisu saya pilih daripada kain karena tisu bisa membersihkan lebih baik dan juga bisa digunakan sekali pake.
Nah, sekarang kita buka bagian kakinya.  Siapkan kunci inggris dan kunci pas ukuran 24 kalo nggak salah.
Pegang di kedua sisi

Setelah bagian bawah dilepas, ada beberapa part kecil di dalamnya.  Jangan sampe lupa urutannya.
Urutannya jangan lupa
Bersihkan semua part metal dengan bensin, jangan lupa oringnya dilepas dulu.  Cek juga apakah ada oring yang rusak ato sobek.  Pada kasus pompa saya, oring semua utuh tapi ada salah satu yang sudah tidak bulat lagi penampangnya. Kondisi seperti ini susah dilihat, waktu itu sih saya kira-kira aja.

Ujung valve as dalam

Setelah semua lepas, bersihkan dengan bensin dan dikeringkan dengan tisu.  Cek apakah ada kerusakan pada bagian as, oring, pipa.  Lihat juga apa ada bagian permukaan kasar yang bisa merusak oring.

Setelah bersih, pasang kembali setelah sebelumnya diolesi silikon grease.


5 komentar:

  1. Q juga punya bro Hill pump tapi sudah agak loyo mahu mbukak mbetulin tapi takut gg bisa masang hehehe

    BalasHapus
  2. Alaamat nya mlg mn mas broww

    BalasHapus
  3. Alaamat nya mlg mn mas broww

    BalasHapus
  4. Boleh kinta tolong nih.
    Hill pump aku saat pompa ditarik keatas berat banget. Masalahnya ada dimana aku gk tau. Solusinya donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ditarik gak bisa/berat, kemungkinan besar sil valve dalamnya sdh aus/sobek (sil hijau)

      Hapus